2011年2月12日土曜日

HUBUNGAN ANTARA KATA-KATA MOTIVASI HIDUP DENGAN SEMANGAT UNTUK MENJALANI HIDUP

Pernahkah Anda mendengar tentang “kekuatan kata-kata”? Ya, kata-kata memang senjata ampuh yang bisa kita pergunakan untuk apa saja, baik itu untuk tujuan kebaikan maupun sebaliknya.
Kata-kata mampu membuat dua pihak yang berseteru bisa berdamai, namun kata-kata pula bisa membuat sepasang suami istri bercerai. Kata-kata memang lebih tajam daripada pedang. Tentu kita akan lebih memilih kata-kata positif atau kata-kata motivasi hidup untuk membuat hidup kita lebih baik daripada kata-kata negatif.
Contoh Kata-Kata Motivasi Positif
Seorang anak yang nilai raportnya turun tak seharusnya mendapatkan kecaman dari orang tua, dengan kata-kata kasar seperti: “Bodoh Kamu!!”, “Ahhh… Kamu memang payah!!”, dan sebagainya, karena hal tersebut justru akan membuat sang anak menjadi rendah diri. Sebaliknya, seorang anak mungkin akan lebih suka bila kedua orang tuanya berkata “Ayoo, dicoba lagi kamu bisa!!” dan kata-kata sejenis.
Tak berbeda dengan orang dewasa, ketika seorang suami misalnya memiliki masalah di kantor dan di rumah suami menceritakan masalahnya kepada sang istri, maka tak seharusnya sang istri menimpali dengan kata-kata negatif seperti “Payah kamu mas!!” Hal tersebut hanya akan menurunkan semangat dan harga diri suami, tak mengubahnya menjadi lebih baik.
Begitu Pentingnya Kata-Kata Motivasi Hidup
Anda tahu Totto Chan? Atau mungkin Anda mengenang Thomas Alfa Edison? Dua tokoh hebat yang sekarang ini banyak dikenal orang awalnya merupakan anak kecil yang dianggap aneh oleh lingkungan sekitar. Dua-duanya dikeluarkan dari sekolah karena dianggap menjadi biang onar.
Tapi apa yang dilakukan oleh ibu mereka? Apakah sang ibu memarahi?
Ternyata tidak! Dengan penuh kasih sayang, ibu Totto Chan mencarikan sekolah yang baru untuk dia dan sama sekali tak marah dengan dikeluarkannya dia dari sekolah. Bahkan Totto Chan baru tahu alasan yang sebenarnya mengapa ia dikeluarkan dari sekolah ketika Totto Chan sudah sukses. Hebat bukan?
Coba saja misal ibu Totto Chan memarahinya dan mengeluarkan kata-kata yang tidak enak didengar. Apa yang terjadi? Bisa jadi kepercayaan diri Totto Chan akan hancur seketika dan ia tak akan mungkin menjadi seperti sekarang. Hal tersebut juga yang terjadi pada Thomas Alfa Edison, hingga ia berhasil membuktikan percobaannya.
Pengaruh kata-kata motivasi hidup terhadap semangat seseorang sangat dahsyat. Kata-kata motivasi hidup adalah senjata ampuh yang bisa dipergunakan untuk menembus gerbang kesuksesan. Kamu bisa!! Aku pasti bisa!! Semangat!! Tak ada kata menyerah!! Aku mendukungmu!! dan kata-kata yang sejenis bisa membuat seseorang berubah menjadi lebih baik. bayangkan misalnya setiap hari kata-kata yang kita dengar adalah kata-kata yang negatif, apa yang akan terjadi?
Memberikan semangat berupa kata-kata motivasi hidup kepada orang yang kita sayangi tak berarti kita memanjakan mereka. Karena sesungguhnya memotivasi tak sama dengan memanjakan. Ibarat orang yang ingin memancing, memotivasi sama saja dengan kail, sedangkan memanjakan sama saja dengan ikan. Maka, tak salah bukan bila ada pepatah “Jangan beri ikannya tapi berikanlah kailnya!
Seperti itulah kekuatan kata-kata motivasi hidup! Mari kita berikan kekuatan kata-kata motivasi hidup kepada orang-orang yang kita sayangi.

0 件のコメント:

コメントを投稿